Bulzz

http://www.aboebutakatik.blogspot.com …..aboebutakatik.blogspot.com…..

Rabu, 02 November 2011

Komputer dan masyarakat

Modul 1

KOMPUTER ADA DIMANA-MANA

Def :

Komputer digunakan sebagai alat bantu untuk menyimpan, mengolah, dan mengambil kembali data atau informasi yang diperlukan.

Beda komputer dengan produk teknologi

lainnya:

ž Dapat diprogram untuk melakukan beragam

tugas

ž Kecepatan proses yang tinggi

ž Ketelitian yang tinggi

ž Kualitas produk yang lebih baik

Berbagai Aktivitas Kehidupan Manusia dengan Menggunakan Komputer :

1. Perbankan

2. Perdagangan

3. Industri

4. Transportasi

5. Rumah Sakit

6. Pendidikan

Bidang Perbankan

v Sistem uang elektronik (ATM, kartu kredit dan debit)

v Penyimpanan data

v Pemrosesan transaksi secara on-line

v Pembayaran tagihan secara on-line

Bidang Perdagangan

v Memproses data transaksi dalam jumlah yang banyak.

v Menyimpan hasil transaksi, persediaan barang-barang (stock).

v Pembuatan laporan keuangan, faktur, surat-surat, dokumen dan lain-lain

v Selain pembayaran tunai bisa juga secara elektronik

Bidang Industri

v CAM – Computer Aided Manufacturing untuk meningkatkan produktivitas

v CAD – Computer Aided Design untuk merancang produk industri misal : mobil, dll

v Penggunaan robot yang dikendalikan oleh komputer dari jarak jauh.

Bidang Pendidikan

v CBE – Computer Based Education sebagai alat pembelajaran.

v CAI – Computer Assisted Instruction digunakan pendidik untuk menyampaikan arahan dalam pelajaran.

v Menyimpan data-data pendidik dan para murid, materi belajar dan soal-soal ujian maupun latihan.

BEBERAPA APLIKASI PENTING

• Smart Car

• Informasi perjalanan

• Pengendalian reaktor nuklir

• Pengendalian lalulintas udara

• Pengolahan data cuaca

• Video Games

• Simulator Pilot Trainning

• GPS untuk traveling

• Endless list..

ISYU SOSIAL (1)

ž DAMPAK POSITIP

– Komunikasi lebih baik

– Transportasi lebih cepat dan aman

– Pekerjaan lebih cepat dan akurat

– Penggunaan tenaga kerja lebih efisien

ž DAMPAK NEGATIP? (Pekerjaan Rumah)

ž Pekerjaan

– Pengaruhnya terhadap lapangan kerja

– Persaingan antara tenaga ahli dan bukan tenaga ahli

ž Kesehatan

– Pengaruhnya terhadap kesehatan fisik pengguna komputer

– Adakah pengaruhnya pada kesehatan jiwa karena kehilangan kontak sosial

ž Privacy (Kebebebasan Pribadi)

– Siapa yang berhak menggunakan informasi pribadi yang di kelola oleh pemerintah atau lembaga-2

tertentu

ž Etika & Profesionalisme

– Seberapa jauhkah tanggung jawab para ahli komputer terhadap profesinya?

– Haruskah mereka memiliki etika profesi seperti para dokter dan ahli hukum?

ž Kendali Terpusat

– Tersedianya informasi yang cepat dan akurat mendorong pelebaran kekuasaan pengelola terhadap pekerja.

ž Kesenjangan Keahlian

– Apakah akan terjadi dikhotomi keahlian antara yang memiliki keahlian komputer dan yang tidak

ž Tanggung jawab

– Adakah masyarakat akan terkotak-kotak oleh penyebaran penggunaan komputer?

– Apakah banyak keluarga akan semakin menyendiri

– Apakah produksi barang akan menurun drastis berpindahnya pekerjaan masyarakat ke pelayanan jasa

ž Citra diri manusia

– Apakah komputer akan mempengaruhi citra diri manusia

– Dapatkah kualitas manusia dipertahankan di era komputer

– Bagaimana dengan keyakinan diri karena banyak tugas manusia yang digantikan oleh komputer.

Modul 2

PEMANFAATAN KOMPUTER DALAM BERBAGAI BIDANG KOMPUTER DAN DUNIA PENDIDIKAN

  • CBE (Computer Based Education)
    • Bersifat menyeluruh, semua aplikasi komputer dalam pendidikan dapat dikategorikan dalam bidang ini. CBE juga digunakan untuk aplikasi-aplikasi bukan pengajaran, yang menunjang pendidikan, seperti: mengolah data, mencatat kehadiran pengajar dan siswa, menyimpan arsip data pribadi, dll.
  • CAT (Computer Assisted Testing)
    • Ujian berbantuan komputer
    • Sebagai pengganti kertas ujian
    • Tanya jawab interaktif
  • CAG (Computer Assisted Guidance)
    • Komputer digunakan sebagai sarana untuk mencari informasi yang diperlukan untuk memberikan pengarahan kepada pemakai.
    • Informasi yang diperoleh tidak meningkatkan keahlian pemakai secara langsung, tetapi dapat membantu pemakai dalam mengambil keputusan-keputusan tertentu.
  • CMI (Computer Managed Instruction)
    • Komputer digunakan untuk merencanakan kuliah, dan dapat digunakan untuk memantau prestasi siswa dan membuat laporan secara teratur.

Aplikasi Pengajaran

  • CAI (Computer Assisted Instruction)
    • Jenis Aplikasi CAI :
      • Latih dan Praktek (Drill and Practice) Menguji tingkat pengetahuan siswa.
      • Penjelasan (tutorial) Untuk materi ajaran baru, siswa dapat berinteraksi dengan komputer.
      • Simulasi Digunakan untuk mengkaji permasalahan yang rumit.
      • Pemainan (game) Agar bisa mendapat pengetahuan dengan santai.

Metode Pengajaran Small Talk-80

¯ Menggunakan jaringan komputer (tiap komputer disebut OBJECT).

¯ Kelebihan : fasilitas grafis berkemampuan tinggi dan siap pakai.

¯ Pemakai tidak perlu mengerti aspek teknis komputer, cukup pengetahuan dasar logika sehingga komputer mengarahkan mereka dengan cara yang mudah dimengerti.

Sistem Informasi

Sistem Informasi merupakan suatu kombinasi teratur dari orang-orang, hardware, software, jaringan komunikasi dan sumber daya data yang mengumpulkan, mengubah, dan menyebarkan informasi dalam sebuah organisasi.

Sistem Informasi adalah satu Kesatuan data olahan yang terintegrasi dan saling melengkapi yang menghasilkan output baik dalam bentuk gambar, suara maupun tulisan

Sistem informasi adalah sekumpulan komponen pembentuk sistem yang mempunyai keterkaitan antara satu komponen dengan komponen lainnya yang bertujuan menghasilkan suatu informasi dalam suatu bidang tertentu.

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN (SIM)

Jaringan prosedur pengolahan data yang dikembangkan dalam suatu organisasi untuk memberikan informasi kepada manajemen untuk mendukung pengambilan keputusan dalam rangka mencapai tujuan organisasi.

Pengolahan Data

Menurut George R. Terry pengolahan data adalah serangkaian operasi atas informasi yang direncanakan guna mencapai hasil yang diinginkan.

Jadi Pengolahan Data merupakan suatu proses atau langkah yang dilakukan dengan suatu sarana yang memungkinkan (manual/komputer) untuk mengubah data menjadi informasi agar dapat digunakan untuk tujuan tertentu.

8 Aktifitas Pengolahan Data

q Input (masukan)

q Calculating (menghitung)

q Comparing (membandingkan)

q Sorting (menyortir)

q Output (keluaran)

q Storing (menyimpan)

q Reading (membaca)

q Transmiting (memindahkan)

Model Sistem Pengolahan Data

Sistem Terbuka

Proses pengolahan data dilakukan dengan sistem terbuka tanpa feedback (umpan balik) sehingga kualitas hasil tidak dapat diukur/dikontrol dan jika terjadi kegagalan resikonya fatal.

Sistem Lingkaran Tertutup

Proses pengolahan data memanfaatkan feedback (umpan balik) untuk pengendalian proses sehingga kualitas output dapat diukur setiap saat akibatnya resiko kegagalan rendah. Umpan balik yang baik memiliki dmensi-dimensi sebagai berikut: Relevansi, Akurasi, Ketepatan Waktu, Kelengkapan

Fungsi Informasi

Informasi adalah bahan bagi pengambilan keputusan yang berfungsi untuk:

Menambah pengetahuan pemakai informasi

Mengurangi ketidakpastian pemakai informasi karena dapat memberikan gambaran tentang suatu permasalahan sehingga pengambil keputusan dapat menentukan keputusan secara lebih cepat.

Menjadi standar, aturan, maupun indikator bagi pengambil keputusan untuk menentukan keputusan secara lebih baik.

Diperlukan Sistem Informasi manajemen supaya informasi sebanyak apapun dapat dikelola secara efektif dan efisien.

Keuntungan SIM

Pimpinan dapat memanfaatkan waktu secara efektif dan efisien

Pengumpulan data berlangsung secara sistematika dan periodik

Butir-butir data tidak perlu diperbanyak walaupun dapat digunakan oleh beberapa keperluan

Efisiensi, efektifitas dan transparansi meningkat.

SIM Membutuhkan :

  1. Sumber Daya Manusia
  2. Sumber Daya Hardware
  3. Sumber Daya Software
  4. Sumber Daya Data
  5. Sumber Daya Jaringan

EDI :Adalah proses pertukaran data bisnis yang dilakukan secara elektronik tanpa melibatkan manusia. Contoh: Pemesanan barang, Transfer dana dsb

Modul 2

KOMPUTER & PERKEMBANGAN INTERNET

ž Teknologi Komputer (TK)

Suatu produk teknologi yang memiliki kemampuan dapat diprogram guna

melaksanakan bermacam tugas secara

menakjubkan dengan kecepatan dan ketelitian

yang tinggi.

ž Teknologi Telekomunikasi (TT)

Suatu produk teknologi yang memungkinkan

dua atau lebih agen dalam tempat terpisah

dapat saling bertukar informasi

Modul 4

Pengaruh Komputer di Masyarakat MASYARAKAT INFORMASI

“Sebagian terbesar dari perkembangan

aplikasi komputer di dunia bisnis pada

masa mendatang akan berlandaskan

kepada teknologi basis data dan saling

terhubung melalui jaringan komputer”.

James Martin 1979

PERUBAHAN MANAJEMEN

¢ Informasi mengalir langsung ke pimpinan puncak

tanpa campur tangan manajemen tingkat menengah

dengan bantuan SIM (Sistem Informasi Manajemen)

¢ Manajer tingkat menengah yang mau bertahan, harus mengubah paradigma

¢ Komunikasi mengambil pola komunikasi elektronik

yang bersifat maya

¢ Manajer tingkat atas memiliki tanggung jawab yang

lebih besar dan dalam mengambil keputusan dibantu

oleh DSS (Decision Support System)

Ciri Era Informasi

¢ Informasi menjadi alat komoditi

¢ Distribusi informasi berubah dari tercetak menjadi elektronik dengan karakteristik informasi:

Terbaru

Journal

Prediksi

¢ Sistem layanan berubah dari manual ke elektronis (e-service)

¢ Kompetisi bersifat global & ketat

¢ Sektor ekonomi bergeser dari penghasil barang ke pelayanan jasa

¢ Interaksi langsung antara penyedia dan pemakai

¢ Kualitas SDM ditentukan pada kemampuan

memproduksi/meramu Informasi

¢ Kepercayaan dan kepuasan customer menjadi tujuan utama

¢ Pengambilan keputusan berbasis pada Teknologi Informasi

¢ Terbentuknya komunitas masyarakat maya

Dampak Positip Era Informasi

¢ EFISIENSI

¢ PRODUKTIVITAS

– Pelayanan Publik/Pemerintah

– Bisnis/Komersial

– Media Massa

– Pendidikan

– Masyarakat

¢ KENYAMANAN

¢ BORDERLESS

¢ KECEPATAN

Dampak Negatif Era Informasi

¢ Rasa Takut

¢ Keterasingan

¢ Kelompok Miskin Informasi

¢ Individualistik

¢ Kompleksitas Tinggi

¢ Rentannya Organisasi

¢ Pelanggaran Privasi

¢ Pengangguran

¢ Kaburnya Citra Manusia

Kunci Keberhasilan Era Informasi

¢ Creativity

¢ Customizability

¢ Convenience (Total Customer Satisfaction)

¢ Human Resource (Siapkan… BUKAN mencari……)

Layanan Elektronis (e-Services)

Definisi menurut Wikipedia: e-Services adalah istilah yang menunjukkan penyediaan layanan melalui Internet

¢ E-commerce, mis: jual-beli secara online

¢ E-government, mis: pelayanan publik

melalui Internet

¢ E-library: layanan perpustakaan digital

¢ E-ticketing: membeli tiket elektronis

¢ Semua serba “E”, dll

Sejarah (~1970 sd ~1990)

¢ Konsep layanan elektronis diawali dari pengembangan program aplikasi untuk berbagai keperluan

– Sebuah aplikasi dirancang untuk suatu keperluan tertentu dan melakukan fungsi-fungsi tertentu

• Contoh: Aplikasi akuntansi digunakan untuk mengelola data keuangan perusahaan, dan dapat memroses neraca, cashflow, serta menghasilkan laporan-laporan

– Tujuan aplikasi adalah untuk mengotomasikan berbagai proses

– Hampir semua aplikasi bersifat stand-alone (berdiri sendiri), tidak terhubung ke jaringan

¢ Seiring dengan perkembangan teknologi

jaringan komputer dan Internet, karakteristik

program aplikasipun berubah

– Aplikasi berjalan di atas jaringan dan memanfaatkan potensi jaringan untuk memperluas kemampuannya

– Mulai muncul konsep tentang layanan: ada pihak

yg memerlukan sesuatu, dan ada pihak lain yang menyediakannya

– Antara penyedia dan pemakai layanan tidak ada keterkaitan sebelumnya (prior association)

Interaksi Penyedia – Pemakai

¢ Internet memungkinkan penyedia dan

pemakai berhubungan secara langsung

(direct communication)

– Menghilangkan pihak-pihak “perantara”

(distributor, penyalur, dsb)

– Mengurangi biaya, waktu, dan usaha bagi kedua belah pihak

– Dapat menimbulkan “konflik saluran” (channel

conflicts) sebuah saluran komunikasi

menghalangi saluran komunikasi yang lain

• Contoh: penjualan on-line mengurangi omzet

penjualan off-line

KEAMANAN SUMBER DAYA INFORMASI

¢ Keamanan sistem ialah proteksi untuk segala sumberdaya informasi dr penggunaan pihak-pihak yg tak berwenang.

¢ Perusahaan menerapkan systems security yg efektif dgn cara mengidentifikasi sumberdaya informasi yg rawan gangguan & menerapkan tolok ukur & cara pengamanan

karena:

a. Operasi kritis/penting perusahaan sangat tergantung pada sistem informasi,

b. Aplikasi electronic data interchange (EDI) memungkinkan organisasi untuk mengakses sumberdaya informasi Perusahaan yang berharga,

c. Sistem saat ini umumnya memiliki akses online dari user yang berlokasi di seluruh perusahaan,

d. Kebanyakan end user umumnya lalai dalam mengamankan dan menjaga sistem.

TUJUAN KEAMANAN

¢ Systems security diarahkan untuk mencapai tiga tujuan utama, yaitu: Kerahasiaan, Ketersediaan, dan Integritas

¢ Kerahasiaan (confidentiality).

– Perusahaan berupaya melindungi data & informasi dari penyusupan orang yang tak berwenang.

– Sistem Informasi Sumberdaya Manusia (HRIS) bertanggung jawab thd informasi ttg kepegawaian.

– Sistem-sistem lainnya seperti account receivable,

purchasing, dan account payable bertanggung jawab menjaga rahasia perorangan dari elemen-elemen lingkungan perusahaan.

Ancaman terhadap Keamanan Data

¢ Kehilangan yang tidak disengaja

– Bisa diakibatkan oleh

• Kesalahan manusia

• Kesalahan sotware

• Kegagalan hardware

¢ Penyusupan

– Pengaksesan dilakukan oleh orang yang tidak berhak

– Bisa mengubah atau tidak mengubah data

¢ Kehilangan Privasi atau Kerahasiaan

– Kehilangan privasi berarti kehilangan proteksi yang dirasakan oleh seseorang

– Kehilangan kerahasiaan berarti kebocoran data yang bersifat penting bagi perusahaan

¢ Kehilangan Integritas Data

– Bila integritas dilanggar, data menjadi tidak valid atau bahkan rusak

– Bisa menimbulkan kesalahan dalam pengambilan keputusan

¢ Kehilangan Ketersediaan

– Bisa disebabkan sabotase pada H/W, jaringan, dan aplikasi

– Penetrasi virus yang dimaksud merusak data

Enkripsi

¢ Enkripsi: Suatu pengodean atau

pengacakan data dengan tujuan orang

tidak bisa membacanya dengan tujuan

Menjaga Kerahasiaan Data

¢ Implementasi enkripsi:

– Satu kunci (Contoh DES-Data Encryption

Standard)

– Dua kunci (Contoh SSL –Secure Socket

Layer)

Teknik ENKRIPSI

Istilah yang digunakan :

Kryptografi : Ilmu matematik Persandian

Enkripsi : Menyandikan Data

Dekripsi : Membuka Sandi menjadi data

Modul 5

PROFESI DI BIDANG TEKNOLOGI INFORMASI BEBERAPA TERMINOLOGI

PEKERJAAN

– Kodrat manusia untuk bertahan hidup di dunia

– Suatu aktivitas manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

PROFESI

– Bagian dari pekerjaan, tetapi tidak semua pekerjaan

adalah profesi

– Adalah pekerjaan yang mengharuskan pelakunya

memiliki pengetahuan yang diperoleh dari pendidikan

formal dan ketrampilan tertentu yang diperoleh

melalui praktek dan pengalaman kerja pada orang

yang terlebih dahulu menguasai ketrampilan tersebut

PROFESIONAL:

– Menguasai ilmu secara mendalam dalam bidangnya

– Mampu mengkonversikan ilmunya menjadi ketrampilan

– Selalu menjunjung tinggi etika dan integritas profesi

– Memiliki sikap: komitmen tinggi, jujur, tanggungjawab,

berpikir sistematis, menguasai materi

PROFESIONALISME

– Nilai-nilai profesional harus menjadi bagian dan telah

menjiwai seseorang yang sedang mengemban

sebuah profesi

PROFESIONALISME (lanjutan)

– Usaha-usaha untuk meningkatkan kemampuan profesional

di bidang teknologi komputer & informasi adalah:

1. Sertifikasi

2. Akreditasi

3. Forum Komunikasi

ETIKA PROFESI

– Penggunaan bakuan dari evaluasi moral terhadap masalah

penting dalam kehidupan profesional.

DILEMA ETIKA PROFESI

Issue pokok yang menjadi sumber dilema etika hubungan klien – profesional

1. Prinsip dasar

2. Egoisme

3. Kerahasiaan

a. Pragmatisme

b. Hak Azasi

4. Otonomi Klien

KodeEtik

• Tata aturan berdasarkan aspek etika dan moral yang disepakati

bersama oleh anggota suatu asosiasi profesi untuk dijadikan

pedoman dalam bertindak secara profesional

KODE ETIK & PROFESIONALISME

Tujuan penyusunan kode etik & perilaku profesional :

• Memberi pedoman bagi anggota asosiasi dalam aspekaspek

etika dan moral, terutama yang berada di luar jangkauan

hukum, undang-undang dan peraturan peraturan yang berlaku

• Memberi perlindungan bagi kelompok masyarakat terhadap

berbagai macam perilaku yang merugikan, sebagai akibat

adanya kegiatan di bidang profesi yang bersangkutan

Usaha untuk meningkatkan kode etik :

• Menyebarkan dokumen kode etik kepada orang yang

menyandang profesi yang bersangkutan

• Melakukan promosi etika profesional

• Memberikan sanksi disipliner yang melanggar kode etik

BIDANG KEAHLIAN KOMPUTER

Computer Engineers (Membuat dan Mengembangkan Perangkat Keras / Hardware)

Computer Scientists (Membuat dan Mengembangkan Rancangan Pengembangan Software)

Information Systems (Menganalisa kebutuhan informasi dan proses bisnis dan menentukan rancangan desain sistem yang sesuai dengan tujuan organisasi)

Software Engineers (Membuat dan mengembangkan perangkat lunak/software)

Information Technology (Merencanakan, mengimplementasikan, merancang, dan memelihara sarana komputer dalam organisasi)

PROFESI TI

OPERATOR

– Menangani operasi sistem komputer

– Tugas-tugas, antara lain :

• Menghidupkan dan mematikan mesin

• Melakukan pemeliharaan sistem komputer

• Memasukkan data

– Tugas biasanya bersifat reguler dan baku

TEKNISI KOMPUTER

– Memiliki kemampuan yang spesifik, baik dalam bidang

hardware maupun software

– Mampu menangani problem-problem yang bersifat spesifik

TRAINER

– Melatih ketrampilan dalam bekerja dengan

komputer

KONSULTAN

Menganalisa hal-hal yang berhubungan dengan TI

Memberikan solusi terhadap masalah yang dihadapi

Penguasaan masalah menjadi sangat penting

PENELITI

– Menemukan hal – hal baru di bidang TI

– Teori, konsep, atau aplikasi

PROJECT MANAGER

– Mengelola proyek pengembangan software

– Tugas: meyakinkan agar pengembangan software

• Dapat berjalan dengan lancar

• Menghasilkan produk seperti yang diharapkan

• Menggunakan dana dan sumber daya lain seperti

yang telah dialokasikan

PROGRAMER

– Kemampuan :

• Membuat program berdasarkan permintaan

• Menguji dan memperbaiki program

• Mengubah program agar sesuai dengan sistem

– Penguasaan bahasa pemrograman sangat ditekankan

GRAPHIC DESIGNER

– Membuat desain grafis, baik itu web maupun animasi

– Perlu menguasai web design dan aplikasi berbasis web

NETWORK SPECIALIST

• Kemampuan :

• Merancang dan mengimplementasikan jaringan komputer

• Mengelola jaringan komputer

• Tugas :

• Mengontrol kegiatan pengolahan data jaringan

• Memastikan apakah sistem jaringan komputer berjalan dengan semestinya

• Memastikan tingkat keamanan data sudah memenuhi syarat

DATABASE ADMINISTRATOR

– Mengelola basis data pada suatu organisasi

• Kebijakan tentang data

• Ketersediaan dan integritas data

• Standar kualitas data

– Ruang lingkup meliputi seluruh organisasi/ perusahaan

SISTEM ANALYST AND DESIGN

Melakukan analisis terhadap sebuah sistem dan

mengidentifikasi kelebihan, kelemahan, dan problem yang ada

Membuat desain sistem berdasarkan analisis yang telah dibuat

Keahlian yang diperlukan

Memahami permasalahan secara cepat dan akurat

Berkomunikasi dengan pihak lain

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pencarian oleh bulzz

on line

blogernas.co.cc